Gerakan Olahraga di Rumah Beserta Gambarnya Lengkap

Developer Garut
0
Johnysport.com - Halo, para wanita gaul! Tahukah kalian kalau olahraga di rumah saat ini lagi ngetren banget? Dengan olahraga di rumah, kalian nggak perlu repot-repot pergi ke gym. Cukup siapkan ruang gerak yang cukup dan lakukan gerakan-gerakan olahraga berikut ini. Yuk, intip!

Manfaat Gerakan Olahraga di Rumah

Manfaat Gerakan Olahraga di Rumah

Jangan underestimate manfaat olahraga di rumah, sist! Gerakan olahraga teratur di rumah sangat penting untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Selain bikin badan fit, olahraga di rumah juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan mood. Buat yang malas ke gym, ini dia step by step olahraga di rumah ala cewek hits:

  1. Tentukan tujuan: Mau turun berat badan atau hanya mau sehat?
  2. Pilih gerakan: Cari yang sesuai dengan kemampuan, misalnya jogging di tempat atau zumba.
  3. Siapkan alat: Siapkan matras, dumbbell, atau resistance band kalau perlu.
  4. Konsisten: Lakukan olahraga minimal 150 menit seminggu.
  5. Nikmati: Pilih gerakan yang kamu suka biar makin semangat!

Terimakasih Sudah Berkunjung ke Johnysport.info

Jenis-Jenis Gerakan Olahraga di Rumah

Gerakan Olahraga di Rumah: Alternatif Praktis untuk Tetap Bugar

Untuk kaum urban yang sibuk, olahraga di rumah menjadi solusi praktis untuk menjaga kesehatan. Ragam gerakan tersedia, mulai dari jumping jacks, plank, squat, lunges, hingga burpees. Lakukan gerakan ini secara teratur, dipadu dengan pola makan sehat, untuk mencapai tubuh ideal dan bugar.

Baca Juga: Contoh Gerakan Senam Aerobik High Impact Adalah

Latihan Kardiovaskular

Latihan Kardiovaskular: Gerakan & Olahraga Penting untuk Jantung Sehat

Mungkin kamu suka: Macam-macam Gerakan Senam Irama Dan Manfaatnya

Buat jantung kamu tetap sehat dan kuat dengan latihan kardiovaskular! Gerakan-gerakan ini meningkatkan detak jantung, seperti jogging, jalan cepat, atau bersepeda. Olahraga juga penting, seperti berenang, aerobik, atau olahraga tim. Mulailah dengan intensitas rendah dan tingkatkan secara bertahap untuk memaksimalkan manfaat. Nikmati gerakan-gerakan ini selama minimal 30 menit sehari, 5 hari seminggu, untuk menjaga kesehatan kardiovaskular yang prima.

Latihan Kekuatan

Ayo kamu, jangan malas-malasan! Angkat beban dengan menggunakan barbell, dumbbell, atau resistance band. Lakukan gerakan dasar seperti squat, push-up, pull-up, dan plank. Mulailah dari beban ringan dan secara bertahap tingkatkan. Lakukan latihan compound yang melatih banyak otot sekaligus. Chest press yang melatih dada, trisep, dan bahu. Leg press yang melatih kaki, bokong, dan paha. Rowing yang melatih punggung, bisep, dan bahu.

Latihan Fleksibilitas

Kamu pasti menyukai artikel berikut ini: 5 Gerakan Mengguling Ke Belakang Memerlukan Teknik

Tips Olahraga Gaul Biar Lentur Kayak Ular!

Buat yang pengen lentur kayak ular, wajib cobain latihan fleksibilitas ini, girls! Pertama, pemanasan dulu ya geser tangan ke depan atas kayak lagi nengadah langit. Turunin perlahan ke belakang sampai tangan nempel punggung. Tahan 10 detik, ulangi 10 kali. Lanjut peregangan paha belakang! Duduk, dekap kaki kanan, dorong dada ke betis sampai kerasa di paha. Tahan 15 detik, ulangi 5 kali. Terakhir, plank miring! Tahan posisi plank, angkat tangan kanan tinggi-tinggi, turunin ke kanan sambil condongkan tubuh. Tahan 15 detik, ulangi 5 kali per sisi. Dijamin lentur abis!

Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan sangat penting untuk meningkatkan koordinasi, stabilitas, dan mencegah jatuh. Berikut beberapa latihan keseimbangan sederhana:

  • Berdiri dengan satu kaki: Berdiri tegak, angkat satu kaki dari lantai dan tahan selama mungkin.
  • Jalan garis lurus: Gambar garis lurus di lantai dan cobalah berjalan di atasnya tanpa menyimpang.
  • Gunakan bola keseimbangan: Duduk atau berdiri di atas bola keseimbangan dan coba pertahankan keseimbangan sambil menggerakkan tangan atau kaki.
  • Berjalan mundur: Berjalan mundur beberapa langkah sambil menjaga keseimbangan.
  • Berdiri dengan mata tertutup: Berdiri dengan kaki sedikit dibuka, tutup mata dan cobalah pertahankan keseimbangan selama mungkin.

Latihan Koordinasi

Hai, ladies!

Kalian pasti tahu pentingnya latihan koordinasi buat tubuh, kan? Nah, sekarang aku mau kasih tahu sedikit soal itu.

Apa itu latihan koordinasi? Singkatnya, latihan koordinasi adalah latihan yang ngajak kita ngelatih kerja sama antara otot-otot dan sistem saraf.

Kenapa latihan koordinasi penting? Penting banget, karena latihan ini bisa ningkatin keseimbangan, kelincahan, dan juga kemampuan kita buat ngontrol gerakan. Dengan latihan koordinasi yang teratur, kalian pasti bakal makin jago dalam olahraga dan kegiatan sehari-hari!

Contoh Gerakan Olahraga di Rumah

Gerakan Olahraga Asyik di Rumah

Hayo, gaes! Siapa yang pengen tetep cetar badai walau di rumah aja? Nih, aku kasih bocoran gerakan olahraga seru yang bisa kamu lakoni di rumah. Pertama, squat yuk! Tekuk lutut sambil dorong pinggul ke belakang, seperti duduk di kursi. Lanjut ke push-up. Taruh tangan di lantai selebar bahu, lalu turunkan dada ke lantai sambil jaga badan tetap lurus. Terakhir, plank! Tahan posisi lengan bawah dan ujung jari kaki, seperti olahraga papan. Cobain deh, pasti bikin kamu keringetan dan badan makin kencang!

Squat

Gerakan squat adalah latihan full-body yang sangat efektif untuk membentuk otot kaki, bokong, dan paha depan. Gerakan ini melibatkan menurunkan tubuh ke posisi jongkok rendah, sambil menjaga punggung tetap tegak dan lutut tidak melewati ujung jari kaki. Squat dapat dilakukan dengan berat badan saja atau dengan menggunakan alat tambahan seperti barbel atau dumbell.

Push-up

Gerakan push-up memang sederhana, tapi punya segudang manfaat. Gerakan ini melatih banyak otot sekaligus, termasuk otot dada, trisep, bahu, dan inti. Kamu bisa melakukannya di mana saja, tanpa alat bantu apa pun. Mulailah dengan posisi plank, lalu tekuk siku dan turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai. Dorong kembali ke posisi awal dan ulangi. Lakukan sebanyak yang kamu mampu, tingkatkan jumlahnya secara bertahap seiring waktu. Push-up tidak hanya memperkuat otot, tapi juga meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan membakar lemak. Jadi, tunggu apalagi? Ayo lakukan push-up sekarang!

Penutup Kata

Sebagai penutup, semoga artikel tentang gerakan olahraga di rumah ini bisa menginspirasi kamu untuk hidup lebih sehat dan bugar. Olahraga nggak harus mahal atau ribet, kan? Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan gerakan-gerakan sederhana yang efektif. Nggak cuma menyehatkan tubuh dan pikiran, olahraga teratur juga bisa membuat penampilan kamu makin kece. Yuk, ajak teman atau keluarga kamu untuk olahraga bareng. Jangan lupa share artikel ini ke mereka yang membutuhkan, ya! Sampai jumpa di artikel seru lainnya, sist!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami:

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)
To Top